Thu. Nov 24th, 2022

Beijing – Berita Receh Amerika Serikat sedang serius mempertimbangkan untuk tidak mengirimkan delegasi diplomatik ke dalam acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada bulan Februari 2022.

Pemerintah AS mengancam akan melakukan boikot dengan alasan Pemerintah Cina melakukan pelanggaran HAM terhadap kelompok Muslim yang berada di Xinjiang.

Ancaman boikot yang dilancarkan oleh Amerika Serikat dikecam balik oleh Beijing dan menyebut bahwa AS melakukan politisasi dalam dunia olahraga.

Ancaman boikot yang dilakukan oleh AS di ajang Olimpiade Beijing 2022 menambah aksi serupa yang pernah terjadi pada beberapa edisi olimpiade.
Sebelumnya, ada beberapa ajang olimpiade yang diboikot dan kebanyakan diboikot dengan alasan politik. Berikut ini adalah beberapa edisi olimpiade yang pernah diboikot.

  1. Olimpiade 1936 Jerman
    Olimpiade Musim Panas yang diselenggarkan pada 1936 di Jerman diboikot oleh beberapa negara, seperti Inggris, AS, Swedia, Prancis, dan beberapa negara lainnya. Alasan dari pemboikotan olimpiade ini adalah ajang ini digunakan oleh Adolf Hitler untuk mempromosikan Nazi pada dunia. Selain itu, olimpiade ini sempat melarang atlet keturunan Yahudi dan kulit hitam untuk bertanding. Pada akhirnya, Nazi mengizinkan atlet Yahudi dan kulit hitam untuk berkompetesi.

2. Olimpiade 1956 Australia
Saat itu, Australia mendaptkan boikot dari beberapa negara, seperti Spanyol, Swiss, dan Belanda. Alasan ketiga negara tersebut memboikot olimpiade ini adalah sebagai bentuk protes terhadap invasi Uni Soviet terhadap Hongaria.

3. Olimpiade 1976 Kanada
Saat Kanada terpilih menjadi tuan rumah olimpiade, Kanada mendapatkan kecaman dari banyak negara di benua Afrika. Selain itu, Taiwan juga meboikot olimpiade ini karena tidak mengizinkan Taiwan menggunakan nama “Republik China”.

4. Olimpiade 1980 Uni Soviet
Ketika Uni Soviet menjadi tuan rumah olimpiade, Uni Soviet mendapatkan boikot dari banyak negara yang dimotori oleh AS. Saat itu, ada 60-an negara yang memboikot olimpiade ini, termasuk Indonesia. Alasan di balik pemboikotan ini adalah invasi Uni Soviet terhadap Afghanistan.

5. Olimpiade 1984 Amerika Serikat
Saat AS menajdi tuan rumah olimpiade, giliran negara-negara Blok timur yang dipimpin oleh Uni Soviet memboikot olimpiade ini. Saat itu, terdapat 15 negara yang memboikot olimpiade ini. Boikot yang dilakukan oleh Uni Soviet adalah sebuah akasi balasan akibat boikot yang dilancarkan oleh AS pada 1980.

6. Olimpiade 1988 Korea Selatan
Olimpiade yang diselanggarakan oleh Korea Selatan pada 1988 mendapatkan boikot dari negara tetangganya, Korea Utara. Saat itu, Korea Utara merasa tersinggung karena tidak diajakn untuk ikut menjadi tuan rumah pada ajang olimpiade. Aksi boikot yang dilakukan oleh Korea Utara ini didukung juga oleh Kuba yang melakukan hal serupa.

Tetap pantengin Berita Receh dan Menangkan Undian-undian yang diadakan oleh Berita Receh berupa HandPhone dan masih banyak lagi hadiah lain nya, ikutin terus dan simak berita nya di Berita Receh kalau kalian ga mau ketinggalan, jangan sia-siakan kesempatan mu untuk mendapatkan keberuntungan kamu.

INGIN BERMAIN? DAPATKAN PROMO & DISKON NYA DISINI.

By admin