Tue. Nov 29th, 2022

Berita Receh Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Kasus Lokal Pertama Omicron di Cina, Riset UMY

MAIN SEKARANG DI RECEH88

1. Temuan Kasus Lokal Pertama, Cina Memulai Perang Melawan Omicron

Tianjin, kota berpenduduk 15 juta jiwa di Cina sebelah utara dan juga gerbang utama ke luar-masuk Beijing, memulai uji asam nukleat secara massif pada Minggu pagi, 9 Januari 2022. Tes massal yang rencananya tuntas dalam dua hari itu menjadi respons cepat terhadap temuan 20 kasus Covid-19 dalam sehari, di mana dua di antaranya telah dipastikan terkonfirmasi kasus Omicron.

Seorang ahli imunologi yang berbasis di Beijing mengatakan kalau dua kasus itu menandai dimulainya perang sesungguhnya Cina melawan Omicron karena keduanya diduga berasal dari penularan lokal. Kemunculan dua kasus dengan sumbernya yang masih belum jelas itu juga langsung memicu kewaspadaan tinggi di Beijing.

Meski begitu para epidemiolog meyakinkan bahwa sepanjang tracing dilakukan dengan cepat dan protokol kesehatan masih diterapkan dengan efektif, ledakan kasus baru bakal teredam. Seperti diketahui, Cina menerapkan zero Covid-19 sebelum hajatan besar Festival Musim Semi dan ajang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Cina digelar beberapa minggu lagi.

Tianjin melaporkan kalau seluruh 20 kasus Covid-19 terbaru yang dideteksi berasal dari Distrik Jinnan. Sebanyak dua kasus Omicron teridentifikasi pada seorang bocah perempuan usia 10 tahun dan perempuan dewasa 29 tahun yang sukarela memeriksakan dirinya untuk dites pada Sabtu lalu.

2. UMY Riset Charger Baterai Kereta Campuran Listrik-Diesel PT INKA

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai melakukan riset untuk mendukung proyek pengembangan kereta hybrid PT Industri Kereta Api (INKA). Hal ini dilakukan setelah tim dosen Pogram Studi Teknik Elektro UMY mendapat dana riset inovatif produktif invitasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

“Setelah berdiskusi mengenai apa yang dibutuhkan oleh PT INKA, kami diminta untuk menciptakan sebuah alat charger baterai untuk kereta hybrid,” kata ketua tim penelitian UMY, Ramadoni Syahputra, Minggu 9 Januari 2022.

PT INKA, Ramadoni mengungkapkan, berencana mengembangkan kereta menggunakan tenaga gabungan diesel dan listrik. Ini dinilai inovasi yang bagus, karena saat ini kereta listrik hanya digunakan untuk perjalanan jarak pendek. Sedangkan tenaga diesel untuk perjalanan jarak jauh.

“Solar sebagai bahan bakar kereta bertenaga diesel bisa habis jika dipakai terus menerus dan hasil pembakaran solar juga bisa mencemari udara sehingga rencana kereta hybrid ini penting,” kata dia.

3. Rentetan Gempa Darat Guncang Tobelo dan Halmahera Utara

Serangkaian gempa darat dan dangkal telah mengguncang Halmahera Utara, Maluku Utara. Gempa terkini dirasakan dua kali pada Senin pagi ini, 10 Januari 2022, masing-masing berkekuatan Magnitudo 5,2 dan 5,5.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebutkan gempa yang pertama terjadi pada pukul 04.27 WIB atau 06.27 waktu setempat dan yang kedua berselang sekitar 32 menit kemudian. Intensitas gempa keduanya sama-sama bisa dirasakan hingga skala IV MMI.

Pada skala itu, guncangan gempa bisa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, sekalipun terjadi pada siang. Guncangan menyebabkan gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi.

BMKG mencatat intensitas terkuat gempa-gempa itu terukur di Tobelo. Beberapa lokasi lain seperti Sofifi dan Galela juga bisa merasakan pada skala yang sama, IV MMI, pada kejadian gempa M5,5. Sedangkan lokasi Halmahera Barat mencatat intensitas yang sama untuk gempa M5,2. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di

By admin